Dudan Sofwatullah

Twitter

Sabtu, 18 September 2010

Istilah Dasar Internet

Istilah-istilah dasar Internet
1. Browser adalah progam yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh dari program browser adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator.
2. Website merupakan kumpulan dari halaman – halaman Web yang saling terkait.Website sering disebut dengan situs, situs Web, Situs, atau Portal.

3. Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya, intranet dibangun dan dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menghubungkan komputer–komputer yang ada di perusahaan tersebut.
4. Homepage adalah Halaman Web pertama yang terdapat pada sebuah Website
5. Web page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm).
6. ISP atau Internet Service Provider. ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.
7. Program Dial-Up adalah program yang terdapat di computer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara computer dengan pemberi jasa layanan internet(ISP).
8. HIPERTEXT LINK (HYPERLINK) atau LINK. Link adalah sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain.
9. Komputer clien adalah computer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer client mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan computer server. Pada saat kita mengakses internet, computer kita disebut dengan computer clent.karena computer kita menerima layanan dari computer server milik website yang kita kunjungi.
10. Bandwidth adalah Ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk bandwidth adalah Megabit per second (Mbps) atau kilobit per second (Kbps) .
11. Off-line adalah kondisi dimana kondisi computer kita ke internet dalam keadaan terputus.
12. On-line adalah kondisi dimana kondisi computer kita ke internet dalam keadaan tersambung.
13. HTML merupakan singkatan dari HyperTex Mrk-up language.Adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML.kita membutuhkan browser unt mnmpklkan file diHTML.
14. SERVER yaitu Computer yang memberikan layanan kepada computer lain.
15. Search engine merupakan program di website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
16. URL adalah system pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.
17. HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.
18. POP atau Post Office Protocoladalah protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang di simpan di server di internet atau sebuah ISP.
19. SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail berantai, iklan, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar